Categories
Uncategorized

Jenis Buah Pisang Ini Punya Manfaat Berbeda

Apakah Anda termasuk orang yang suka makan pisang? Seperti yang kita ketahui, pisang memiliki banyak sekali nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh kita. Laman Healthline.com menulis bahwa pisang ukuran sedang (100 gram) mengandung 22,8 gram karbohidrat; 1,1 persen protein; 12,2 gram gula; dan serat hingga 2,6 gram.

Namun jenis pisang yang ada banyak sekali, dan ternyata memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda. Kebanyakan orang akan menganggap semua pisang itu sama, meski ada banyak jenis dalam pisang.

Jenis Buah Pisang Ini Punya Manfaat Berbeda

Berikut ini lima jenis pisang yang memiliki manfaat berbeda. Apakah kamu?

1. Pisang kepok

Pisang kepok merupakan jenis pisang yang paling banyak ditemukan di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Mungkin rasa pisang ini tidak semanis jenis pisang lainnya.

Tapi tahukah Anda kalau Pisang Kepok merupakan salah satu buah terbaik untuk pencernaan Anda? Ya, laman Research and Review menjelaskan bahwa pisang kepok (Musa acuminata x balbisiana) memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding pisang lainnya, yakni 10,5 gram dari 100 gram pisang.

Pisang kepok juga memiliki protein yang cukup tinggi yaitu 8,5 gram untuk 100 gram buah pisang. Meski kandungan protein pada pisang kepok cukup tinggi, namun masih dalam batas normal.

2. Pisang Ambon Putih (Cavendish)

Pisang cavendish adalah pisang yang sangat umum di supermarket. Rasanya yang manis dan enak membuat pisang jenis ini sangat digemari oleh anak-anak.

Livescience.com menulis bahwa pisang cavendish sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Cavendish memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dibandingkan pisang lainnya, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah tetap normal.

3. Raja Pisang

Pisang raja merupakan salah satu varietas pisang asli dari pedalaman. Mengapa disebut “Raja”? Konon pisang jenis ini merupakan jenis pisang yang memiliki rasa paling manis diantara semua jenis pisang yang ada.

Untuk nutrisinya sebenarnya hampir sama dengan jenis pisang lainnya. Akan tetapi kadar glukosa atau gula yang terdapat pada pisang raja sangat tinggi, dan tentunya hal ini bukanlah kabar baik bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi pisang raja merupakan sumber energi yang sangat baik.

Makan pisang pisang secara terbatas akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk penderita diabetes. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tentu akan membuat kadar gula darah menjadi sangat tinggi.

4. Es krim jawa biru

Ini bukan es krim, tetapi pisang yang berasal dari Kepulauan Hawaii dan sedikit di Asia Tenggara. Sekilas terlihat seperti es krim, dipadukan dengan warna kulit biru berpadu dengan beberapa warna silver, membuat tampilan pisang ini unik.

Pola makan pisang ini sebenarnya hampir sama dengan pisang lainnya. Namun pisang biru ini memiliki kelebihan yaitu lebih baik dalam menjaga kekebalan tubuh dibanding jenis pisang lainnya.

Laman Seasia.co menuliskan bahwa pisang jenis ini memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula darah, menjaga mood, dan tentunya menjaga kesehatan jantung.

5. Pisang susu merah atau pisang merah

Pisang merah memang kulitnya merah dan rasanya sama lezatnya dengan pisang jenis lain. Namun karena kandungan nutrisinya, pisang ini memiliki kandungan nutrisi yang sedikit lebih baik dari pada pisang kuning.

Hal yang paling mencolok dari pisang jenis ini adalah kandungan B6-nya yang mencapai 28 persen, menurut Healthline.com. Vitamin B6 sendiri baik untuk pertumbuhan dan produksi energi. Vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan otak kita.

Dan satu hal lagi: pisang merah sangat baik untuk menjaga kekebalan atau kekebalan kita terhadap berbagai penyakit. Ini terjadi karena pisang merah tidak hanya mengandung B6 tinggi, tetapi juga mengandung vitamin C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *