Categories
Uncategorized

Gejala Umum Ateriosklerosis yang Perlu Diwaspadai

Beberapa orang yang menderita aterosklerosis tidak memiliki tanda atau gejala umum ateriosklerosis. Anda mungkin tidak didiagnosis dengan aterosklerosis sampai Anda mengalami serangan jantung atau stroke. Namun beberapa orang lainnya memiliki tanda dan gejala tergantung pada arteri yang terpengaruh.

Gejala Umum Ateriosklerosis

IMG_256

hotcopas.net

Aterosklerosis berkembang secara bertahap. Biasanya, aterosklerosis ringan tidak memiliki gejala, sampai terjadi penyumbatan parah di arteri dan rasa sakit yang kuat muncul. Tergantung arteri mana yang terkena, berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai:

  1. Arteri koroner

Arteri koroner membawa darah yang kaya oksigen ke jantung. Ketika plak menyempit atau menyumbat arteri ini (pada penyakit yang disebut penyakit jantung koroner), gejala yang umum adalah angina. Angina terjadi ketika otot jantung tidak menerima cukup darah yang kaya oksigen, sehingga menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada.

Saat kondisi ini terjadi, Anda bisa merasakan seperti tekanan atau rasa sakit yang meremas dada. Nyeri juga bisa dirasakan di bahu, lengan, leher, rahang atau punggung. Bahkan mungkin Anda akan merasa sakit seperti gangguan pencernaan. Rasa sakit cenderung memburuk dengan aktivitas dan menghilang saat istirahat. 

Stres emosional juga dapat memicu rasa sakit. Gejala lain adalah kesulitan bernafas dan aritmia. Aritmia adalah masalah dengan kecepatan atau irama detak jantung. Bisa juga sesak napas, sulit tidur, kelelahan dan kurang energi.

  1. Arteri Karotis

Arteri karotis membawa darah yang kaya oksigen ke otak. Jika plak menyempit atau menghalangi aliran darah, Anda mungkin akan mendapat gejala umum ateriosklerosis berupa stroke seperti:

  • Tiba-tiba lemah/lemas
  • Kelumpuhan (ketidakmampuan untuk bergerak) atau mati rasa pada wajah, lengan atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh
  • Kebingungan
  • Kesulitan berbicara atau memahami apa yang dikatakan orang lain
  • Kesulitan melihat dengan satu mata atau keduanya
  • Kesulitan bernafas
  • Pusing, kesulitan berjalan, kurang keseimbangan atau koordinasi dan jatuh 
  • Hilangnya kesadaran
  • Sakit kepala parah dan tiba-tiba
  1. Arteri Perifer

Plak juga dapat disimpan di arteri utama yang membawa darah kaya oksigen ke kaki, lengan, dan panggul. Jika arteri utama ini menyempit atau tersumbat, Anda bisa mengalami mati rasa pada bagian tubuh tertentu, dan infeksi yang kadang-kadang berbahaya. Kondisi ini juga bisa membuat Anda lebih peka terhadap panas dan dingin, dengan meningkatkan resiko luka bakar atau beku.

  1. Arteri Ginjal

Arteri ginjal membawa darah yang kaya oksigen ke ginjal. Jika plak terbentuk di arteri ini, Anda bisa terkena penyakit ginjal kronis. Seiring waktu, penyakit ginjal kronis menyebabkan lambatnya fungsi ginjal. Pada awalnya, penyakit ginjal sering tidak menghasilkan tanda atau gejala. 

Dan ketika semakin memburuk dapat menyebabkan kelelahan, perubahan air seni (lebih sering atau terlalu sedikit), kurang nafsu makan, mual, pembengkakan tangan atau kaki, gatal atau mati rasa dan kesulitan berkonsentrasi.

  1. Aneurisma (Tonjolan di Dinding Arteri)

Aneurisma juga dapat menyebabkan komplikasi serius yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Kebanyakan orang dengan aneurisma tidak memiliki gejala. Namun beberapa penderita merasakan nyeri dan denyut nadi di daerah aneurisma, yang dianggap darurat medis. Bahkan perdarahan internal yang membahayakan nyawa bisa terjadi jika aneurisma Anda pecah.

Untuk mencegah gejala umum ateriosklerosis, pengobatan utama adalah perubahan gaya hidup. Obat-obatan dan prosedur medis mungkin juga diperlukan. Pola hidup sehat, bersama dengan perawatan medis berkelanjutan, dapat membantu penderita menjalani hidup yang lebih sehat.

Artikel

https://www.honestdocs.id/arteriosklerosis
https://www.honestdocs.id/arteriosklerosis
https://www.alodokter.com/arteriosklerosis
https://www.klikdokter.com/penyakit/aterosklerosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *