Categories
Uncategorized

AC

Pada tahun 1900 hanya ada sedikit orang yang bisa melakukannya selama musim panas kecuali menggerutu tentang cuaca atau – jika mereka mampu membelinya – pergi ke gunung atau pantai. AC hari ini telah mengubah ini. Dengan AC telah mengubah ini. Dengan AC Anda dapat merasa nyaman di mana saja di dalam ruangan bahkan pada hari yang paling panas dan paling lengket sepanjang tahun. Anda hampir pasti akan menemukan AC di bioskop yang Anda hadiri, di banyak toko tempat keluarga Anda berbelanja, dan di restoran tempat Anda makan. Bahkan mungkin di rumah Anda sendiri.

Apa itu AC?
Anda tahu bahwa pendingin ruangan membuat Anda merasa dingin. Tetapi AC lebih dari sekedar pendinginan. Ini berarti menjaga suhu dan kelembaban (kadar air) udara di ruang tertutup, apakah itu satu ruangan atau seluruh bangunan, pada tingkat yang tepat untuk kenyamanan orang-orang di dalamnya. Ini juga berarti mengedarkan udara dan menambahkan uap air jika perlu. Di musim panas itu berarti melepas dengan melewatkan udara di atas pipa dingin yang mengumpulkan air dari udara, sama seperti tetesan air mengembun pada gelas air dingin pada hari yang panas dan lembab. Bahkan, kita mungkin hampir mengatakan bahwa AC berarti menciptakan iklim buatan yang nyaman. Pada artikel ini kita hanya akan membahas pendinginan.

Di daerah beriklim kering udara dapat didinginkan secara sederhana. Pendingin mungkin tidak lebih dari kipas besar yang menarik udara panas dan kering ke keset serat yang direndam air. Udara didinginkan saat menguapkan air. Itu kering untuk memulai dengan bahwa kelembaban yang ditambahkan tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan. (Ini tidak terjadi di iklim lembab)

Pendingin udara memiliki banyak kegunaan selain membuat kita nyaman. Banyak industri bergantung padanya untuk menjaga udara di pabrik mereka tetap bersih, dingin dan pada tingkat kelembaban yang tepat. Misalnya, serat tekstil seperti wol dan kapas akan meregang atau menyusut karena kadar air dari perubahan udara. Ini menyebabkan variasi dalam kualitas kain. Terlalu banyak uap air di udara – atau bahkan di ujung jari pekerja – akan menyebabkan bagian logam yang halus seperti komponen roket atau instrumen instrumen presisi terkorosi. Suhu yang salah dapat merusak banyak biakan antibiotik. Pendingin udara yang tepat mencegah kecelakaan ini.

Tambang berlian dan emas yang dalam di Afrika Selatan menggunakan pendingin udara untuk memungkinkan para penambang untuk bekerja di tempat yang seharusnya mencekik dalam panas, ribuan kaki di bawah tanah. Dengan AC terlibat dalam setiap bagian dari program luar angkasa Amerika Serikat, dari membuat rudal hingga melacak mereka melalui atmosfer.

Para penemu telah mengutak-atik metode pendingin udara selama bertahun-tahun. Orang Mesir dan Romawi kuno mendapatkan sedikit bantuan dari panas dengan menggantung tikar anyaman yang dibasahi air ke pintu masuk rumah mereka, sehingga udaranya bisa dengan penguapan. Pada abad ke-15 M., seniman dan penemu terkenal membuat kipas angin.

Ketika laki-laki tertarik pada sains, jumlah skema untuk menjadi dingin pun meningkat. Ada ratusan ide, tetapi tidak ada yang benar-benar berhasil. Faktanya, banyak skema membuat orang merasa lebih buruk karena mereka menambahkan sejumlah besar air ke udara. Udara seperti spons. Ini akan menyerap air dan membuat orang merasa lengket dan tidak nyaman, terutama di cuaca panas. Ketika udaranya sangat lembab, kita katakan kelembabannya tinggi. Saat udaranya kering, kelembabannya rendah dan kami merasa lebih baik.

Mesin pertama yang menjaga kelembaban rendah atau mendinginkan udara pada saat yang sama dikembangkan pada tahun 1902 oleh Willis H. Carrier yang membangun sering disebut “bapak pendingin udara.” Carrier membuat mesin ini untuk pabrik percetakan di Brooklyn, New York, yang kesulitan mencetak warna. Kertas meregang ketika udara lembab dan menyusut saat udara kering. Karena setiap warna harus dicetak secara terpisah, pencetakan warna yang berbeda pada lembar kertas yang sama tidak sejajar secara akurat karena kertas berubah ukuran di antara cetakan. Mesin Carrier menjaga tingkat kelembaban udara konstan dengan menggambar udara di atas deretan pipa dingin yang mengembunkan kelembaban berlebih. Ini menjaga kertas pada satu ukuran dan juga membuat orang-orang di pabrik merasa dingin. Penemuan Carrier menandai dimulainya pengkondisian udara ilmiah.

Pendingin udara segera digunakan di banyak pabrik, seperti pabrik yang membuat amunisi selama Perang Dunia I. Tetapi orang-orang umumnya tahu tentang penemuan ini sampai tahun 1920-an, ketika ratusan bioskop, department store, dan restoran memasang pendingin udara. Orang-orang sering datang ke tempat-tempat ini hanya untuk mendapatkan bantuan dari udara panas dan lembab di luar.

Ketika AC menjadi lebih populer selama tahun 1930-an, sistem pendingin udara sentral dikembangkan. Ini bisa mendinginkan seluruh gedung kantor atau apartemen dari satu unit yang terletak di pusat, sama seperti bangunan dipanaskan dari satu tungku besar di ruang bawah tanah, bukan oleh tungku kecil di setiap kamar. Selama periode yang sama unit-unit kecil yang bisa ber-AC satu kamar dikembangkan. Setelah Perang Dunia II sejumlah besar un kecil

mulai digunakan di rumah-rumah pribadi. Perkembangan selanjutnya, yang semakin banyak digunakan di gedung-gedung publik dan rumah-rumah pribadi, menggabungkan unit pemanas dan pendingin dalam satu sistem.

Bagaimana cara kerjanya?

Unit pendingin udara tidak “menambah kesejukan” ke udara. Ini menghilangkan panas. Sebuah AC bekerja dengan prinsip dasar yang sama dengan kulkas – meskipun tidak dirancang untuk menghasilkan suhu rendah. Panas diambil dari udara dengan ekspansi yang cepat dari zat pendingin (zat pendingin) karena berubah dari cairan pada tekanan tinggi. Ilustrasi yang menyertai menunjukkan siklus operasi AC tipe rumah kecil. Di sini udaranya didinginkan langsung oleh mesin. Demi kesederhanaan, filter dan motor tidak diperlihatkan dalam diagram ini. Dalam instalasi besar dan sentral, seperti yang ada di gedung perkantoran dan sekolah, sebuah mesin menggigilkan air yang disalurkan ke serangkaian gulungan. Udara dari bangunan ditarik melewati gulungan ini dan diedarkan melalui blower gedung.

Agar praktis, unit pendingin udara harus mampu menjaga suhu tetap. Kalau tidak, orang harus mematikan unit mereka dan terus menerus karena suhu menjadi terlalu dingin atau panas. Alat pengatur suhu yang stabil yang disebut termostat. Thermostat diatur pada suhu yang diinginkan. Kemudian unit pendingin dinyalakan dan dimatikan sesuai kebutuhan.

Sistem pendingin udara di masa depan dapat bekerja dengan apa yang dikenal sebagai termoelektrik. Unit termoelektrik sangat kecil dan sangat sunyi. Itu terdiri dari “pasangan” kecil, masing-masing pasangan terdiri dari sepasang semikonduktor dan terhubung secara paralel saat ini. Pasangan-pasangan ini menghasilkan pendinginan di satu ujung dan pemanasan di ujung lainnya ketika langsung mengalir melalui mereka. Ini disebut efek Peatier. Ketika arus dibalik, efek pendinginan dan pemanasan juga terbalik. Ketika ditemukan cara untuk menghasilkan unit termoelektrik kecil ini dengan murah, mereka mungkin mendinginkan dan memanaskan seluruh rumah Anda.

Sumber Artikel: Service AC Pekanbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *